Memilih Pintu Rumah dengan Bahan Kayu Berkualitas Harga Murah

Gambar rumah dengan model minimalis

Salah satu furniture yang harus ada di setiap rumah atau bangunan adalah pintu dan jendela. Dua benda ini sangat penting, dimana jendela merupakan tempat ventilasi dan berfungsi sebagai akses keluar masuk udara, sedangkan pintu merupakan sarana untuk keluar masuknya pemilik rumah. Disamping fungsi utamanya, pintu dan jendela mutlak sebagai pelindung atau sebagai pengaman dari segala macam gangguan yang asalnya dari luar rumah. Sehingga kehadiran desain pintu rumah disini tidak bisa dianggap remeh. Ketika jaman dahulu, kehadiran pintu fungsinya masih belum sepenting sekarang. Banyak masyarakat yang hanya menggunakan sekat dari kain atau gordyn sebagai pengganti pintu.
 Namun saat ini, seiring dengan banyaknya gaya jenis rumah, tampilan dari pintu juga sangat menentukan gaya dari rumah itu sendiri, seperti gaya rumah minimalis, rumah klasik, rumah kontemporer, rumah modern, rumah mediteranian, dan berbagai macam gaya rumah lainnya. Bentuk pintu yang ada, otomatis mengikuti dari gaya desain rumah itu sendiri. Misalnya, untuk rumah minimalis, maka desain pintu rumah juga akan dibuat simpel dan natural. Begitu pula untuk gaya rumah mewah, maka desain pintu rumah akan terbuat dari kayu jati dengan banyak ukiran dan hiasan. Memilih dan membuat pintu semata-mata tidak hanya terletak pada urusan desainnya saja, tetapi pemilihan bahan adalah salah satu yang utama dan menentukan kualitas pintu pada akhirnya. Kali ini, kita akan membahas desain pintu rumah yang terbuat dari kayu. Ada baiknya Anda membaca tips dalam memilih bahan untuk pintu rumah Anda.

Untuk memilih pintu yang terbuat dari bahan kayu, pastikan Anda memahami beberapa jenis kayu yang ada di pasaran. Pilih kayu yang kualitasnya bagus, antara lain kayu merbau, kayu besi, dan kayu bayam yang asalnya dari Makassar. Agar dapat bertahan lama, kusen rumah yang digunakan sebaiknya dari bahan kayu merbau. Keunggulan kayu ini adalah sangat kuat dan tahan rayap. Kemudian jangan lupa untuk menggunakan obat anti rayap, agar ketahanan kayu tetap terjaga. Saat akan menggunakan obat anti rayap,semprotkan obat tersebut pada tanah sebelum pondasi rumah dibangun dan pada permukaan kayu bangunan. Lakukan perawatan secara rutin pada kusen serta perabot kayu lainnya. Pemilihan tekstur kayu bagian dalam merupakan unsur paling penting dalam memilih kayu yang dibuat untuk kusen. Perhatikan secara cermat teksturnya.
Gambar pintu rumah minimalis dengan bahan kayu
 Kayu dengan kualitas bagus pada umumnya memiliki tekstur keras dengan warna merah agak kecoklatan. Cara mengenali tekstur kayu yang baik, caranya sangat mudah. Coba siram kayu dengan sedikit air. Jika kayu tersebut mengeluarkan getah berwarna merah, tandanya kayu tersebut memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan. Jika kusen yang Anda pilih memiliki ciri seperti itu, maka sudah pasti kusen yang dipilih adalah yang memiliki kualitas bagus. 
Selain mencermati tekstur kusen kayu, ada baiknya untuk mengamati bahan kayu yang digunakan karena hal tersebut akan menentukan kualitas dari kusen itu sendri. Hindari belang pada kayu. Terutama jika Anda mendapati adanya belang dengan warna putih, maka sebaiknya jangan Anda pilih, meskipun kusen tersebut memiliki desain yang bagus dan Anda sukai. Karena belang putih pada kayu tersebut biasanya merupakan jalan bagi rayap untuk dapat menggerogoti kusen kayu.

Deskripsi: Cara memilih pintu rumah dengan bahan utama kayu terutama tips dalam menentukan jenis kayu yang baik sebagai bahan baku utama pembuatan daun pintu.

Berbagi Ke Lainnya

Link Penting

wdcfawqafwef