Desain Gazebo Minimalis dari Kayu dan Bambu

Halaman rumah yang luas menjadi dambaan banyak orang. Dengan adanya tempat yang luas, dapat dimanfaatkan antara lain untuk tempat parkir, taman rumah, kolam ikan, tempat bersantai-santai dengan keluarga, atau bahkan membuat kolam renang. Ide yang baik dalam memanfaatkan lahan sisa dari halaman rumah adalah dengan membuatnya menjadi taman. 

Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu akibat pemanasan global, keberadaan taman merupakan obat penyejuk dan menjadi ruang hijau di tengah padatnya pemukiman perkotaan. Bahkan beberapa kota besar di Indonesia sedang menggalakkan adanya keberadaan taman kota sebagai ruang hijau sekaligus tempat rekreasi masyarakat sekitar. 

Jika pemerintah saja menggalakkan keberadaan taman, mengapa Anda tidak buat saja sendiri di rumah? Sekaligus untuk ajang rekreasi di rumah sendiri sembari berkumpul dan bercengkerama dengan anggota keluarga. Keberadaan taman di belakang rumah bisa membuat udara di rumah Anda dan di sekitar menjadi lebih sejuk. Taman rumah juga mampu menjadikan rumah tampak lebih cantik dan terasa lebih asri.

Keberadaan taman belakang rumah dapat ditanami sebagai lahan tanaman apotek hidup, atau pun menanam bunga-bunga dan tanaman yang cantik dengan beraneka warna sehingga dapat menimbulkan kesan rumah yang segar dan lebih hidup. Selain dengan menanam bunga warna-warni, keindahan taman juga bisa didapatkan dari adanya gazebo. 

Gazebo adalah suatu bentuk bangunan yang biasanya ada di taman, dan setiap sisinya terbuka. Gazebo ini berfungsi untuk tempat santai atau sekedar melepas penat setelah lelah seharian bekerja. Menikmati pemandangan di taman dengan lebih bebas tanpa adanya penghalang atau penutup adalah hiburan tersendiri. Dengan adanya kehadiran gazebo, taman Anda bisa terlihat lebih natural dan Anda pun bisa lebih nyaman menikmati suasana taman yang asri.

Desain gazebo saat ini sangat beragam. Disesuaikan dengan konsep taman atau gaya rumah yang Anda terapkan. Bahan untuk membuat gazebo tidak hanya terbuat dari kayu, tetapi dari besi, beton, atau bahkan batu bata. Desainnya pun sekarang banyak desain gazebo yang minimalis atau modern dengan warna netral serta natural yang membaur dengan suasana taman.

Sebelum membuat gazebo, terlebih dahulu Anda harus menentukan tema. Apakah itu tradisional, klasik, country, hingga desain gazebo minimalis modern yag kini banyak diterapkan di taman. Untuk desain gazebo minimalis, Anda bisa membangun ruang yang lebih terbuka, menambahkan furnitur modern dan menggunakan warna-warna netral yang sesuai dengan konsep minimalis. 

Ukuran gazebo yang ideal biasanya mampu menampung 4 orang, dengan ukuran kurang lebih 2x2 meter. Yang paling penting, patokan ukuran gazebo tidak lebih dari seperlima luas halaman rumah. Karena jika gazebo luasnya terlalu besar, maka tampilan taman tidak akan selaras dan seimbang. Posisi ideal gazebo dibangun tepat di tengah halaman agar pemandangan yang didapat menjadi luas dan mencakup keseluruhan area taman. Posisi sudut terluar dari taman juga merupakan posisi ideal dalam membangun gazebo. 

Dalam menghadirkan suasana yang rileks dan menenangkan, tampilkan suasana alam di gazebo milik Anda. Menghiasi atap gazebo dengan injuk merupakan pilihan yang baik. Atap injuk ini mampu menghadirkan kesan pedesaan yang terlihat tenang. Selain atap ijuk, bahan dari bambu yang dapat digunakan sebagai konstruksi utama ataupun aksesoris juga dapat dijadikan alternatif. Untuk menampilkan suasana minimalis, Anda bisa menggunakan lantai dengan bahan kayu sebagai alas gazebo.



Deskripsi: Desain Gazebo Minimalis dari Kayu dan Bambu

Berbagi Ke Lainnya

Link Penting

wdcfawqafwef