Desain Ruang Makan Minimalis

Desain rumah minimalis kini tengah populer di masyarakat perkotaan sebagai model hunian pilihan. Salah satu yang tak tertinggal dari desain rumah minimalis adalah desain ruang makan keluarga. Sebagai ruangan yang digunakan untuk keluarga berkumpul ketika makan, maka tak luput dari penataan agar terasa nyaman dengan konsep minimalis.

Ruang makan yang biasanya tak terlalu luas, ada baiknya pemilihan warna untuk dinding menggunakan warna cerah agar terlihat lebih luas. Warna cerah seperti putih, biru langit, dan hijau muda bisa menciptakan suasana lembut dan tenang menemani waktu makan keluarga. Sebagai aksentuasi Anda bisa menyematkan warna favorit Anda atau keluarga sebagai warna sekunder untuk menambah kesan tidak membosankan.

Setelah memilih warna, coba tentukan jenis keramik yang Anda inginkan. Penggunaan keramik yang lebar akan membuat ruangan terasa lebih luas. Hal tersebut dikarenakan garis-garis pada keramik terlihat lebih sedikit. Selain itu pilihlah corak keramik yang sederhana saja, atau cenderung netral. Corak yang terlalu ramai tidak mendukung desain ruang makan minimalis yang Anda usung.

Pemilihan furnitur menjadi pembahasan penting berikutnya. Dibilang penting karena furnitur akan sangat membantu penghuninya dalam ruang makan yang kadang tergabung dengan dapur. Dalam desain ruang makan minimalis pilihlah meja yang berbentuk persegi yang bisa diletakkan di tengah atau pojok ruangan. Memilih meja berbentuk bulat akan menyisakan ruang kosong yang kurang berguna dan terkesan penuh.

Lapisi meja dengan kaca setelah taplak meja agar mudah dibersihkan, karena biasanya meja makan sering kotor karena tumpahan makanan atau minuman. Tempatkan juga wastafel berwarna cerah di ruang makan dengan model terbaru yang terbuat dari kaca. Wastafel ini mampu memberikan kesan menarik pada desain ruang makan minimalis Anda. Wastafel bisa ditempatkan di sudut ruangan.

Singkirkan lah furnitur yang dirasa tidak berguna diletakkan di ruang makan agar terlihat banyak ruang kosong untuk memberikan kesan luas. Jika ruang makan Anda satu tempat dengan dapur, Anda dapat meletakkan kitchen set pada dinding agar tidak memakan banyak tempat.

Pencahayaan ruang makan bisa menggunakan sistem pencahayaan ambient lighting,yaitupencahayaan ruangan yang umum atau menyebar ke seluruh ruangan. Sistem pencahayaan ini adalah yang paling umum digunakan. Contohnya lampu yang dipasang di plafon cahayanya menyebar ke seluruh bagian ruang.

Namun Anda juga bisa menggunakan sistem pencahayaan yang biasanya digunakan di restoran-restoran atau kafe. Konsep pencahayaan seperti di restoran atau kafe memberikan suasana berbeda di rumah Anda. Pencahayaan menggunakan warna cahaya yang lebih redup dari lampu rumah mayoritas membuat suasana makan nampak lebih berkesan.

Selain penataan di atas Anda harus sering-sering memperhatikan kebersihan dan kerapian ruang makan. Ruang makan yang bersih dan rapi tentunya akan membuat nafsu makan meningkat daripada ruang makan yang kotor dan terkesan berantakan. Sediakan lah lap atau kain pembersih yang Anda gantung di tempat yang mudah dijangkau.

Demikian tips mengenai desain ruang makan minimalis, semoga tips di atas dapat membantu Anda merencanakan desain ruang makan yang diinginkan. Semoga kegiatan makan bersama dengan keluarga menjadi lebih nyaman dengan tampilan baru ruang makan minimalis. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Contoh design minimalis ruang makan:


Deskripsi: Desain ruang makan minimalis dengan menggunakan warna cerah dan penataan furnitur agar telihat luas, serta pencahayaan yang sesuai menambah nafsu makan.

Berbagi Ke Lainnya

Link Penting

wdcfawqafwef