Memanfaatkan Ruang Kosong Bawah Tangga Pada Rumah Minimalis

Rumah yang memiliki lahan yang kecil bukanlah suatu masalah jika Anda tahu trik untuk mengatasinya. Seni dari desain itu sendiri adalah dengan dapat memanfaatkan setiap ruang yang kosong sehingga ruang tersebut tidak kehilangan fungsinya. Pada rumah minimalis tipe kecil dengan 2 lantai, adanya ruang kosong pada area bawah tangga rasanya sayang jika dibiarkan begitu saja. Bisa saja area kosong ini dimanfaatkan sebagai ruang tamu minimalis. Tentu dengan rancangan dan penataan yang baik, sehingga “sisa ruang” yang ada di bawah tangga ini tidak terkesan sumpek karena ukurannya yang sempit.

Tangga yang berada di dekat ruang tamu, pasti akan memakan banyak tempat. Terlebih jika model tangganya adalah lurus diagonal dan berbentuk modular, maka akan dapat dipastikan, ruang tamu yang akan diset hanya tersisa beberapa bagian dari ruangan saja. Untuk mensiasati hal ini, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk memanfaatkan ruang kosong bawah tangga pada rumah minimalis.

Agar ruang kosong bawah tangga ini dapat digunakan secara efisien dan tidak terbuang begitu saja, maka gunakan saja untuk meletakkan televisi. Ini dapat menimbulkan kesan bahwa ruang kosong tersebut terasa lebih hidup dengan adanya telebisi. Perhatikan untuk bentuk rak televisi harus dibuat dengan model custom. Jika rak tersebut menyisakan beberapa space, letakkan saja beberapa hiasan untuk ruang tamu, vas bunga, craft, atau bahkan figura kecil foto keluarga Anda. 



Selain digunakan untuk rak televisi, Anda dapat memanfaatkan ruang kosong bawah tangga rumah minimalis untuk menyimpan koleksi buku kesayangan. Cara ini cukup mudah dimana Anda hanya tinggal membuat rak buku custom agar ukurannnya dapat disesuaikan dengan sisa space yang ada. Taruh beberapa koleksi buku kesayangan dan majalah atau surat kabar Anda di rak buku. Tunjukkan kepada tamu bahwa rumah Anda ternyata dapat dimanfaatkan di setiap inchi yang tersisa.

Menaruh rak multifungsi pada ruang kosong bawah tangga merupakan salah satu alternatif untuk Anda yang menginginkan rak terlihat lebih rapi. Gunakan pintu penutup pada rak agar Anda bisa menyimpan barang apa saja di dalam rak tersebut. Karena sifatnya yang tertutup, maka akan terasa lebih privasi bagi pemilik rumah untuk menyimpan barang-barang yang sekiranya tidak perlu dilihat oleh tamu yang sedang berkunjung dan duduk di sofa ruang tamu. Anda bisa meletakkan beberapa persediaan snack atau suguhan makanan untuk tamu, minuman, bahkan beberapa benda penting lainnya. Selain digunakan sebagai ruang menyimpan benda, pemanfaatan ruang kosong bawah tangga pada rumah minimalis dapat digunakan sebagai akuarium. Suara air dan ikan warna-warna tentu dapat menjadi hiburan tersendiri bagi Anda dan tamu yang berkunjung. Ini juga dapat menimbulkan kesan sejuk dan alami di ruang tamu. Ruang kosong yang ada di bawah tangga juga bisa dimanfaatkan untuk gudang dalam skala kecil. Berikan saja penutup dari triplek atau rangka kayu dan blok semua ruang sisa sehingga tertutup oleh lapisan. Seperti halnya gudang, maka Anda dapat menaruh apa pun barang-barang yang sekiranya sudah tidak terpakai dan memenuhi rumah Anda, seperti koran bekas, koleksi majalah lama, serta perkakas lain yang sudah rusak. Perlu diperhatikan karena ini digunakan sebagai gudang, maka kebersihannya harus selalu dijaga. Ini tidak lucu jika tiba-tiba ketika tamu Anda sedang berkunjung, dari arah gudang bawah tangga terdapat tikus yang muncul atau binatang-binatang lain yang mendiami gudang. Dengan dibersihkan secara teratur dan diberi ventilasi agar tidak lembab, ruangan akan memiliki akses udara dan tidak akan tumbuh jamur. 




Deskripsi: Desain interior dengan memanfaatkan ruang kosong bawah tangga untuk konsep gaya rumah minimalis

Berbagi Ke Lainnya

Link Penting

wdcfawqafwef