Menempatkan Dapur Kecil Pada Rumah Minimalis

Dapur merupakan ruangan yang meski ukurannya kecil, namun fungsinya penting di dalam sebuah rumah. Keberadaan dapur menjadi berhasil ketika penggunanya merasakan adanya kenyamanan dan kesukaan terhadap aktivitas memasak. Pada umumnya, letak dapur adalah di belakang rumah. Mungkin hal ini terlalu mainstream sehingga ada anggapan bahwa dapur adalah “tempat belakang”. Untuk mengubah pandangan yang seperti ini, berikut akan disajikan beberapa ide mengenai menempatkan dapur pada rumah minimalis.

Desainer Bill Brockschmidt merancang dapur dengan letak yang tersembunyi di sebuah apartemen yang terletak di New York City. Karena lokasinya yang terbilang “nyempil”, sehingga lokasinya tidak terlihat langsung dari ruang tamu. Pemilik rumah memanfaatkan sebuah pintu lipat agar dapur ini tidak tampak dari luar. Kondisi hidden kitchen yang berdekatan dengan ruang keluarga ini, akan memberikan pemilik rumah keleluasaan untuk bisa menuju ke dapur pada saat perjamuan dengan kolega kerja atau acara kumpul keluarga.

Penempatan dapur pada rumah minimalis yang letaknya berada di pintu belakang sering dijumpai pada rumah minimalis tipe 36. Dapur yang berbatasan langsung dengan halaman belakang rumah memungkinkan Anda untuk bisa menikmati suasana segar di luar ruangan dari arah dapur dengan menggunakan pintu transparan. 

Tetapi, perlu Anda waspadai mengenai letak pintu transparan ini. Berikan pembatas atau pagar yang cukup, sehingga letak pintu transparan ini tidak terlihat oleh orang yang berada di luar rumah. Menempatkan dapur rumah minimalis di pintu belakang, memiliki manfaat mudahnya aliran udara ketika Anda memasak, sehingga bau yang dihasilkan dari masakan berupa asap atau pun udara yang lain, dapat langsung menuju keluar rumah dan tidak meninggalkan udara di dalam ruangan. Tipe dapur seperti ini juga cocok digunakan saat ingin mengadakan BBQ di belakang rumah untuk acara santai Anda.

Dapur sebagai partisi atau pemisah ruangan dapat digunakan untuk rumah minimalis sederhana 1 lantai dengan konsep open-plan. Karena keterbatasan ruang, maka Anda tidak dapat menggunakan sekat permanen. Dengan mengfungsikan dapur sekaligus sebagai partisi, maka hal ini akan memadatkan kegunaan dari ruangan itu sendiri. Sehingga, jadilah dapur tempat memasak menjadi pemisah antara ruang tamu dengan ruang keluarga. Perlu jadi catatan, bahwa dapur yang dijadikan sebagai partisi, kondisi kerapian dan kebersihannya harus selalu dijaga. Sehingga ketika ada tamu yang datang ke rumah, tidak disuguhi dengan pemandangan dapur yang berantakan setelah digunakan untuk aktivitas memasak.

Sedikit tips untuk Anda yang ingin membangun dapur. Milikilah kitchen set atau siapkan beberapa rak untuk menyimpan segala perkakas memasak Anda. Hal ini untuk menghindari adanya penumpukan perkakas masak sehingga dapur terkesan “penuh” dan tidak memberikan ruang untuk keleluasaan bergerak. Biasanya, banyak orang menggantung perkakas memasak di dinding agar praktis ketika akan digunakan. Namun hal ini justru mengganggu penampilan dapur dan juga mempengaruhi kebersihan alat masak yang akan Anda pakai.

Menempatkan dapur secara cermat dan kreatif pada desain rumah minimalis akan menimbulkan kesan bahwa rumah Anda unik. Keterbatasan area lantas tidak menjadikan buntu ide untuk mengoptimalkan semua bagian ruang yang ada di dalam rumah. Kenyamanan sebuah dapur juga bukan terletak pada ukurannya yang besar, dan peralatannya yang serba lengkap. Tetapi bagaimana cara Anda untuk mendesain dan menempatkan dapur sehingga fungsi dapur itu sendiri dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Contoh design dapur kecil rumah minimalis yang modern :









Deskripsi: Penempatan letak dapur pada rumah minimalis



Berbagi Ke Lainnya

Link Penting

wdcfawqafwef