Model Tangga Kayu Minimalis Rumah Modern

Tipe rumah minimalis yang saat ini sedang digandrungi masyarakat, identik dengan keterbatasan lahan. Keterbatasan lahan ini dapat terjadi akibat dari peningkatan penduduk yang sangat tinggi dan tidak diimbangi dengan ketersediaan lahan untuk tempat tinggal. Sehingga, daerah perkotaan yang memang ukurannya tidak terlalu luas, akan semakin sempit. Rumah minimalis sendiri memiliki konsep yang simpel, sederhana, namun tetap mengusung nuansa modern. 

Keterbatasan lahan yang ada, dibandingkan dengan jumlah anggota keluarga yang banyak, tidak lantas menjadi penghalang bagi orang yang ingin menggunakan gaya rumah minimalis. Solusinya, banyak orang membangun rumah minimalis mereka dan memperluasnya menjadi 2 atau 3 tingkat dengan menggunakan tangga sebagai penghubung antara lantai yang satu dengan lantai yang lainnya.

Seiring dengan munculnya beberapa tipe rumah, muncul juga beberapa jenis tangga. Bahan yang digunakan untuk membuat tangga antara lain berbahan kayu, semen, keramik, atau tangga yang terbuat dari besi, bahkan baja. Berbagai macam bentuk tangga yang unik antara lain bentuk ulir, zig-zag, atau tangga melingkar. Sebelum Anda menentukan jenis dan model tangga kayu minimalis yang akan dibuat, berikut adalah tips yang penting untuk diketahui.



Perhatikan denah rumah Anda sebelum mendesain tangga. Denah rumah adalah sebuah acuan dalam mengkonsep tangga rumah. Agar sesuai, letak sebuah tangga harus digambarkan pada denah terlebih dahulu. Sehingga nantinya Anda dapat memilih desain tangga yang sesuai dengan keinginan. Kualitas tangga akan mempengaruhi keamanan, ini penting untuk diingat karena keamanan adalah faktor utama.Gunakan tangga dengan kualitas yang baik. Dengan kualitas yang baik, tentunya daya tahan tangga akan lebih lama dan dapat berfungsi secara maksimaL. Tidak apa-apa untuk mengeluarkan uang lebih, yang penting keamanan tangga dapat dijaga dan tidak mengorbankan keselamatan anggota keluarga Anda. Setelah dua komponen tadi terpenuhi, inilah saatnya untuk mendesain tangga. Desainlah tangga sesuai dengan kebutuhan rumah Anda. 

Bagi Anda yang memiliki buah hati, desain dari tangga tidak boleh mengabaikan aspek keamanan bagi anak. Rangka yang kuat dan adanya pengaman di sisi tangga harus ada untuk dijadikan pengaman. Jika buah hati Anda belum cukup aman untuk menaiki tangga, Anda dapat memberikan blok yang terbuat dari kayu di ujung anak tangga. Ini untuk menghindari si kecil menaiki tangga. Tentunya blok kayu ini dapat dibuka dan ditutup dengan mudah oleh orang dewasa. Bahan yang baik untuk tangga memang pada umumnya banyak digunakan material kayu. Keunggulan kayu sebagai bahan baku tangga adalah, kayu tahan terhadap tekanan dan lenturan. Dari segi keindahan, kayu memiliki tekstur yang baik dan juga alami. Serta dari segi fisik, kayu memiliki berat jenis yang cukup ringan.

Beberapa model tangga kayu minimalisyang dapat diadaptasi antara lain tangga dengan bentuk melayang. Desain tangga ini menciptakan kesan terbuka bagi ruangan, sehingga ruangan akan terlihat lebih luas. Walaupun pembuatan tangga melayang ini lebih sulit daripada tangga biasa, namun tangga dengan model ini banyak penggemarnya karena modelnya yang unik dengan style minimalis. 

Selain model tangga kayu minimalis dengan bentuk melayang, model tangga spiral sangat cocok jika digunakan di rumah yang tidak terdapat anak kecil atau lansia. Karena tangga ini dapat membahayakan jika tidak digunakan dengan hati-hati, terutama oleh anak kecil. Walaupun tangga ini memiliki kekurangan dari segi keamanan, namun tangga ini banyak digemari karena sifatnya yang fleksibel dan tidak memakan banyak ruang. Untuk lebih amannya, Anda dapat menambahkan pegangan di sisi tangga.

Deskripsi: Mendesain Model Tangga Kayu Minimalis

Berbagi Ke Lainnya

Link Penting

wdcfawqafwef