Proporsi, Pola, dan Tekstur dalam Interior Rumah Minimalis Modern

Tiga hal ini jika dikombinasikan dengan warna mampu memperindah tataan dekorasi interior rumah. Proporsi, pola, dan tekstur akan menciptakan kedalaman dan dimensi sehingga ruang akan terasa lebih dinamis dan hidup. Selain itu, ketiga unsur ini juga memberi sentuhan personal pada ruang seta memperkaya desain interior rumah Anda.

Proporsi Rumah Minimalis Modern

Proporsi Rumah Minimalis Modern Via www.desainrumahidamanku.xyz
Keseimbangan proporsi antara luas ruang, furnitur, serta detail interior rumah merupakan ukuran tingkat kenyamanan suatu ruang.
  1. Ukur luas ruang, dan gambarlah pada kertas pola. Lalu masukkan gambar furnitur Anda ke dalamnya. Berikan jarak untuk sirkulasi dengan lebar minimum 1 mm.
  2. Tentukan pusat atau point of interest dalam ruangan tersebut. Misalnya, untuk ruang tamu, pusatnya adalah sofa dan meja. Ingatlah bahwa warna gelap akan lebih tampak besar dan dominan daripada warna terang.
  3. Cek proporsi dari atas ke bawah untuk memastikan tidak berat di bagian atasnya. Letakkan elemen terberat atau terbesar di bagian bawah. Termasuk juga elemen yang “sepertinya” besar seperti elemen berbahan kayu gelap, batu alam, dan sebagainya.
  4. Cek proporsi kiri kanan. Sebagai panduan gunakan furnitur pusat. Lalu lihatlah apakah penempatan furnitur di kiri kanannya sudah seimbang atau belum. Jika Anda ingin menciptakan proporsi formal, buatlah kiri dan kanan furnitur pusat secara simetris. Hal ini juga mwmbuat rumah Anda tampak elegan. Jika Anda ingin menciptakan proporsi informan atau tampak lebih santai, letakkan proporsi kiri dan kanan secara asimetris. Gunakan panduan grup warna agar mudah.

Pola Rumah Minimalis Modern
Pola Rumah Minimalis Modern Via www.minimalisdesign.com
    1. Gunakan permainan pola melalui motif wallpaper, upholstery, karpet, furnitur dekoratif, hiasan dinding, lukisan, dan aksesori
    2. Tentukan tema utama secara keseluruhan, lalu pilih pola yang sama, misalnya bunga, garis, atau kotak. Jika Anda ingin menggunakan salah satu pola, kombinasikan dalam beberapa warna. Namun, jika Anda ingin menggunakan dua sampai tiga pola (jangan lebih), dan Anda harus menggunakan palet warna monokrom.
    3. Pola horizontal membuat ruangan tampak lebih lebar. Pola vertikal membuat ruang terasa lebih tinggi. Pola melingkar menciptakan kesan romantis, dan pola yang tak beraturan membuat ruang terasa informal.
    4. Agar lebih dinamis dan berkarakter, gunakan satu pola utama yang berulang pada beberapa bagian.

    Tekstur Rumah Minimalis Modern

    Hadirnya tekstur membuat ruangan lebih mempunyai kedalam dan karakteristik. Bahkan ruangan minimalis pun dapat tampil berbeda dengan adanya aksentuasi tekstur. Misalnya penggunaan karpet bulu di tengah ruang atau penggunaan panel kayu bertekstur di salah satu sisi dinding.

    Ada dua macam teksturm yaitu pertama chic, yang memiliki ciri bata ekspos, kayu kasar, dinding atau lantai semen yang tidak dicat, teknik cat tekstur, pasangan batu alam, besi bakar berpola. Sedangkan yang kedua adalah simple modern, yang bercirikan stainless steel dengan cat semprot, kaca patri atau bertekstur, plastik bening dof, bahan buku, bahan tweed dan rajut, lantai karet ekspos, cat mengilat, batu gamping (limestone).
    Tekstur rumah minimalis tipe chic
    Tekstur rumah minimalis tipe simple modern


    Tips perpaduan proporsi, pola, dan tekstur di atas akan membuat interior rumah Anda akan terasa benar-benar berbeda bila Anda terapkan. Sesuaikan seperti keinginan hati Anda, lakukan perencanaan yang matang melihat kondisi rumah Anda. Luangkan waktu week-end, selamat bekerja dan selamat menikmati sensasi rumah Anda yang berbeda dengan proporsi, pola, tekstur baru Anda.

    Deskripsi: Proporsi, pola, dan tekstur pada interior rumah akan membuat indah rumah Anda apabila ditata sebaik mungkin. Beberapa tips dan trik perihal tersebut ada dalam artikel ini.

    Berbagi Ke Lainnya

    Link Penting

    wdcfawqafwef