Arsitektur Modern Kontemporer - Aksentuasi Garis dan Bentuk

Saat ini, rumah dengan nuansa arsitektur modern kontemporer cenderung lebih disukai. Hal ini karena orang pada umumnya akan menyukai rumahnya dibuat menarik dan terkesan brandnew. Brandnew disini mengikuti perkembangan jaman, serta mengusung nilai-nilai desain modern kontemporer yang dianggap menarik serta cocok dengan kebutuhan pemilik rumah. 
Rumah minimalis dengan gaya modern kontemporer
Dalam arsitektur modern kontemporer, unsur garis dan bentuk dalam elemen desain interior merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Penggunaannya dalam suatu ruang sangat mempengaruhi kesan visual yang ditimbulkannya. Unsur garis dan bentuk dalam elemen desain interior selalu dapat dikreasikan. Ini merangsang kreativitas pemilik rumah dalam memasukkan kedua unsur tersebut sehingga desain yang terlihat lebih “pop out”. Sebuah ruang yang kosong atau sudah terisi penuh dapat terlihat seolah menjadi ringan atau berat karena pengaruh dari kedua elemen tersebut, begitu pula penggunaan warnanya. 

Pemilihan warna yang tepat serta pencahayaan yang baik akan membentuk suasana yang diinginkan. Warna yang dipilih disesuaikan dengan selera dan konsep kegunaan ruang. Semisal, untuk ruang tamu, dapat digunakan warna hijau dan putih untuk menimbulkan kesan segar. Ruang duduk tamu, cukup luas dan diisi dengan perabot ukuran besar. 

Penggunaan meja berukuran besar terasa lebih ringan karena material yang dipilih kaca. Pemilihan warna-warna netral dapat dipilih agar terlihat lebih cantik. Unsur garis dan bentuk dalam elemen desain interior salah satunya adalah bentuk yang sederhana. Bentuk yang sederhana dan tidak rumit dapat dipilih jika Anda merencanakan untuk mengisi penuh ruangan dengan perabot. Bentuk sederhana seakan tidak ada matinya. Justru karena garis dan bentuk yang sederhana, akan membawa makna tersendiri dari aura sebuah ruang. 

Total look bergaya kontemporer mencirikan penggunaan bahan yang ringan. Material yang sering digunakan antara lain adalah unsur industrial antara lain, kaca yang transparan dan reflektif serta baja. Fitur-fitur hunian dengan tipe kontemporer yang lainnya adalah kayu, krom, besi, yang mendominasi hampir di setiap sudut rumah. Mayoritas, material-material yang dikembangkan adalah material buatan pabrikan karena lebih go green dan tidak mengambil langsung dari alam. Garis halus yang lurus hingga penggunaan warna putih menciptakan tampilan yang ringan serta bersih. Asah kreatifitas Anda dengan penggunaan permainan garis lurus. Garis ini dapat ditampilkan berulang pada posisi vertikal, horizontal, bahkan diagonal. Dominasi elemen garis ini dapat diperoleh dari perabot, aksen, warna, atau tambahan elemen garis pada ruangan yang memang sengaja dimunculkan. Garis lurus yang dihasilkan dari deretan kaca dapat dikombinasikan dengan pencahayaan alami yang masuk dari luar ruangan. 

Manfaatkan sinar pagi dari sunrise atau sinar senja dari sunset yang memantul pada perabot dengan garis lurus, terutama material yang terbuat dari kaca sehingga menimbulkan efek cantik pantulan sinar matahari. Material kaca juga dapat digunakan sebagai ganti dinding, jendela besar transparan, serta skylight. Fungsinya agar sinar matahari dapat masuk sebanyak-banyaknya ke dalam ruangan. Selain membawa udara yang segar, ini juga bermanfaat untuk efisiensi listrik pada siang hari. 

Kegemaran masyarakat akan desain kontemporer tidak terlepas dari adanya kebebasan berkreasi dan melepaskan aturan formal dalam penataan ruang. Sehingga hal ini memberi kesan bahwa desainnya terbuka dan dinamis. Biarkan imajinasi Anda mengalir bebas untuk memberikan ciri khas khusus pada desain ruang. 

Deskripsi: Unsur garis dan bentuk dalam elemen desaininterior terutama dalam gaya modern kontemporer





Berbagi Ke Lainnya

Link Penting

wdcfawqafwef