Mendesain Rumah Kecil Agar Nampak Indah

Memiliki rumah kecil bukan berarti tidak bisa mendekor rumah secara leluasa. Bukan ukuran yang menjadikan rumah terlihat indah, namun kreativitas si penghuni dalam mendesain lah yang menjadi penentunya. Terkadang si penghuni rumah harus benar-benar memutar otak untuk mendesain rumah kecil yang ia miliki agar terlihat indah dan nyaman ditempati.
Contoh rumah kecil yang indah via konstruksirumah.com
Minimalis namun terlihat elegan merupakan salah satu slogan yang ingin disemayamkan pada rumah-rumah berukuran kecil oleh pemiliknya. Jika Anda memiliki rumah kecil,perhatikan tips berikut ini agar rumah terlihat nampak lebih indah dan nyaman ditempati.

  • Pertahankan agar rumah tetap “kecil”. Furnitur-furnitur berukuran kecil sangatlah sesuai dengan ukuran rumah yang mungil. Pastikan Anda benar-benar sudah mengukur luas ruangan yang ada sebelum membeli furnitur. Furnitur yang terlalu besar akan memakan ruangan Anda dan membuatnya terlihat sempit.
  • Modular.Jika anda ingin memiliki banyak furniture di rumah bergaya minimalis, maka anda bisa menggunakan furniture rumah minimalis yang modular. Sewaktu-waktu anggota keluarga bertambah, dan Anda ingin memperluas ruang, furnitur modular dapat dibongkar dan dikurangi volumenya. Furnitur ini juga sangatlah simplebagi orang-orang yang suka merubah-rubah konsep rumahnya
  • Simpel dan bersih. Pilihlah tema dekorasi yang simpel seperti minimalis atau country dengan upholstery (kain pelapis biasanya pada sofa) berwarna cerah. Gunakan kombinasi 2:1 (2 warna monokromatis, 1 warna aksen). Terlalu banyak warna dan motif akan membuat rumah terasa “ramai”. Gunakan material penutup lantai berwarna terang dengan motif sederhana.
  • Berikan pencahayaan dari luar sebanyak mungkin. Semakin banyak cahaya yang masuk ke dalam, ruangan akan nampak lebih luas daripada ruangan dengan sedikit pencahayaan matahari. Bidang transparan seperti jendela berukuran besar setinggi pintu membuat ruangan mendapat lebih banyak cahaya, udara, dan tampak lapang.
  • Kontrol barang-barang. Ini bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, rem keinginan atau hasrat belanja. Kedua, maksimalkan tempat penyimpanan. Manfaatkan ruang bawah tangga, kolong tempat tidur, bagian atas lemari, atau kolong kursi. Apabila terdapat barang tercecer dimana-mana rumah akan tampak tidak rapi, maka dari itu maksimalkan ruang kosong yang ada sebagai tempat penyimpanan.
  • Manfaatkan dinding. Bidang dinding bisa dijadikan sebagai alternatif tempat penyimpanan. Buat rak atau konsol sepanjang dinding untuk menyimpan buku, mainan anak, dan berbagai koleksi. Desainlah rak-rak tersebut seartistik mungkin sehingga pas sebagai bagian dari dekorasi interior. Dinding ternyata juga bisa dijadikan tempat penyimpanan agar rumah mungil minimalis terlihat lebih rapi.
  • Ilusi optis. Gunakan cermin berukuran besar untuk memberi kesan luas pada ruangan. Hal ini efektif untuk memberikan suasana luas kepada ruangan. Pantulan-pantulan cermin seakan-akan membuat ruangan bertambah besar. Hal ini biasa diadopsi pada toko-toko yang memiliki ruangan sempit untuk menarik pembeli.
  • Urutkan barang-barang. Jika perlu beri label keterangan di setiap tempat penyimpanan agar mudah dicari. Penyimpanan yang tertata rapi akan membuat penghuninya nyaman berada di rumah. Tips lainnya adalah simpanlah barang-barang yang sering dipakai dalam tempat yang paling mudah dijangkau.

Sekarang tunggu apalagi, segera luangkan waktu luang dan mulailah menata desain rumah kecil mungil Anda agar terlihat lebih menawan. Minimalis can be elegant!

Deskripsi: Rumah berukuran kecil dapat didesain terlihat indah dengan mengandalkan kreativitas penghuni rumahnya dengan cara memberikan sentuhan-sentuhan sederhana menyesuaikan ruangan yang ada.

Berbagi Ke Lainnya

Link Penting

wdcfawqafwef