Pekerjaan Penutup Lantai


a.       Lingkup Pekerjaan
1.      Pekerjaan ini meliputi pengadaan bahan-bahan, peralatan dan semua pekerja yang berhubungan dengan pekerjaan penyelesaian lantai dan penutup dinding sesuai dengan gambar kerja dan Dokumen Pengadaan
2.      Pekerjaan Urugan pasir dan pemadatan.
3.      Pekerjaan yang dimaksud meliputi pemasangan Keramik untuk pekerjaan Finishing dan perbaikan Lantai seperti tercantum dalam Gambar Kerja dan daftar Kuantitas dan Harga.
• Persyaratan Bahan
1)      Untuk bahan urugan peninggian tanah asal (site) pada ketinggian tertentu diurug dengan pasir urug yang didatangkan dari luar lokasi.
2)      Bahan Keramik yang digunakan produk merk ASIA TILE/ MULIA/ROMAN atau setara dengan ketebalan 7mm, toleransi ukuran < 1% dan penyerapan air tidak lebih dari 1%.
1)      Ukuran Keramik lantai ruangan yang digunakan adalah 30x30cm keramik lantai anti noda, anti gores, unpolished, tidak licin, kualitas baik, tidak retak, rata, dan mempunyai daya lekat aduk standart warna sesuai gambar atau ditentukan kemudian.
2)      Keramik yang akan dipasang telah diseleksi dengan baik, bentuk,warna dan ukuran masing- masing unit sama, tidak ada bagian yang gompal, retak, maupun cacat
3)      Sebelum dilaksanakan pemasangan bahan, Penyedia Jasa harus mengajukan contoh terlebih dahulu untuk mendapat persetujuan Direksi Teknis (Pengawas/Konsultan Pengawas). Bahan tersebut harus disimpan di tempat yang terlindung dan tertutup.
4)      Semua keramik menggunakan produksi lokal yang telah memiliki SII dan memenuhi syarat PUBI 1972.
• Persyaratan Pelaksanaan
1)      Seluruh bahan urugan harus terlebih dahulu disetujui Pemberi tugas sebelum digunakan, dan Penyedia Jasa tidak diperkenankan melakukan pengurugan tanpa kehadiran Pemberi tugas.
2)      Pemasangan keramik lantai sebaiknya dilakukan pada tahap akhir, untuk menghindari kerusakan akibat pekerjaan yang belum selesai.
3)      Permukaan lantai yang akan dipasang keramik harus bersih, cukup kering dan rata air.
4)      Tentukan tulangan dengan mempertimbangkan tata letak ruangan yang ada. Pemasangan lantai dimulai dari tulangan ini.
5)      Terlebih dahulu dipasangan menggunakan pasir urug minimal setebal 10cm, selanjutnya dibuat lantai kerja minimal setebal 7cm dengan campuran 1pc : 3psr : 5krl.
6)      Sebelum dipasang keramik lantai terlebih dahulu direndam dengan air.
7)      Setiap jalur pemasangan sebaiknya ditarik dengan benang dan rata air.
8)      Adukan yang dipakai 1 PC : 5 Psr. Pasir yang dipakai mempunyai gradasi 2 mm, harus dicuci dan disaring. Tidak dibenarkan menyiram air semen ke permukaannya.
9)      Seluruh rongga pada permukaan ubin bagian belakang harus terisi dengan adukan sewaktu ubin bagian belakang harus terisi dengan adukan sewaktu ubin keramik dipasang.
10)   Toleransi kecekungan adalah 2,5 mm untuk setiap 2 M2.
11)   Garis-garis tepi Ubin Keramik yang terbentuk maupun siar siar harus lurus. Lebar siar harus sama yaitu maximum 3 mm dengan kedalaman 2 mm.
12)   Persyaratan Pelaksanaan aduk & pengisi aduk perekat harus sesuai dengan spesifikasi pabrik agar didapatkan hasil yang baik. Untuk lantai yang luas harus diberi dilatasi nat sealent sesuai spesifikasi dari pabrik keramik
13)   Selama 3 x 24 jam setelah pemasangan, ubin keramik harus dihindarkan dari injakan atau pemberian beban.
14)   Jika terjadi pemotongan keramik harus menggunakan alat pemotong yang tajam untuk menghasilkan potongan yang baik.
15)   Selesai pemasangan ruangan harus bebas dari segala kegiatan untuk beberapa waktu.
16)   Pemasangan lantai keramik dilakukan sesuai pola yang ditentukan dalam gambar.
17)   Garis-garis pada pemasangan lantai harus berkesinambungan satu dengan yang lainnya, kecuali pada pertemuan khusus.
18)   Pekerjaan lantai yang tidak lurus/ waterpass, siarnya tidak lurus, berombak, turun naik dan retak harus dibongkar .
19)   Keramik yang sudah terpasang harus dibersihkan dari segala macam noda pada permukaan keramik hingga betul-betul bersih.
20)   Karena sifat alamiah dari produk keramik, yang disebabkan proses pembakaran pada temperatur tinggi, dapat terjadi perbedaan warna dan ukuran,untuk ini periksa dan pastikan keramik lantai atau dinding yang akan dipasang mempunyai seri golongan ukuran yang sama.

Berbagi Ke Lainnya

Link Penting

wdcfawqafwef