Spektek Pekerjaan Galian

Ini adalah contoh spesifikasi teknis pekerjaan galian di proyek pemerintah..

a.      Lingkup Pekerjaan
Pekerjaan galian meliputi pekerjaan galian tanah dan Urugan untuk pekerjaan Pagar depan. Pekerjaan ini meliputi tenaga kerja, bahan, alat-alat dan pengangkutan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan semua pekerjaan tanah seperti tertera pada gambar rencana dan spesifikasi ini.
b.     Bahan atau Material
Untuk pemasangan bowplank menggunakan bahan :
-          Kayu jenis meranti atau setara tebal 3 cm
-          Kaso 5/7 atau dolken berdiameter 8-10 cm
c.      Pelaksanaan Pekerjaan
Pembersihan persiapan daerah yang akan dikerjakan pada umumnya, tempat-tempat untuk bangunan dibersihkan. Sampah yang tertanam dan material lain tidak diinginkan verada dalam daerah yang akan dikerjakan, harus dihilangkan, atau dibuang dengan cara-cara yang disetujui oleh konsultan pengawas. Semua sisa-sisa harus dihilangkan sampai kedalaman 0,5 m dibawah tanah dasar atau permukaan.
Semua daerah urugan, harus dipadatkan baik urugan yang tela hada maupun terhadap urugan yang baru. Tanah urugan harus bersih dari sisa-sisa tumbuhan atau bahan bahan yang dapat menimbulkan pelapukan dikemudian hari.

Pembuatan dan pemasangan patok dasar pelaksanaan (bowplank) termasuk pekerjaan kontraktor dan harus dibuat dari jenis meranti atau setara dengan tebal 3 cm dengan tiang dari kaso 5/7 atau dolken berdiameter 8-10 cm dengan jarak 2 m satu sama lain. Pemasangan harus kuat dan permukaan atasnya rata sipat datar (watrepass).

Berbagi Ke Lainnya

Link Penting

wdcfawqafwef