Cara Mengecat Tembok Lama Yang Benar

artikel terkait :sealer cat tembok; cara mengecat ulang tembok luar rumah;  cara mengganti warna cat tembok; cara mengecat ulang tembok yang lembab; cara mengecat tembok dengan roll; cara mengecat tembok baru yang benar; metode pengecatan dinding lama; cat dekoratif dinding.

Menciptakan suasana rumah menjadi lebih nyaman dan sejuk pasti menjadi idaman setiap orang. Dengan melakukan cara cat ulang dinding rumah maka suasana tersebut akan berubah seketika. Bagi anda yang mungkin ingin melakukannya sendiri dirumah tentu tidak sekedar mengecat tembok langsung. Ada beberapa langkah-langkah yang harus anda lakukan agar cat dinding rumah anda menghasilkan kesempurnaan.


Ada banyak hal yang harus anda lakukan sebelum mengecat rumah seperti melindungi perabotan rumah, mengupas cat tembok lama, menyediakan cat baru dan masih banyak lagi. Semua akan anda dapatkan informasinya berikut ini, langsung saja simak ;

Melindungi Perabotan Rumah

Untuk anda yang ingin melakukan cat ulang dinding rumah anda sebaiknya lindungi perabotan rumah anda dari tetesan cat. Pindahkan perabotan rumah yang sekiranya maih dapat di pindahkan dengan mudah ke tempat lain. Namun jika perabotan rumah anda terlalu besar dan sulit untuk anda pindahkan sendiri cukup anda kasih alas penutup seperti menggunakan Koran atau kertas. 

Kontrol dan Perbaiki Dinding yang rusak

Pastikan untuk anda sebelum melakukan cat ulang dinding rumah alangkah baiknya anda control kondisi dinding terlebih dahulu. Poin utama saat control dinding rumah adalah ketahui kelembaban dinding rumah anda. Kondisi dinding yang baik adalah memiliki tingkat kelembaban yang rendah, itu merupakan posisi tepat untuk melakukan pengecatan. Hal lain yang harus anda perhatikan adalah kontorl rembesan pada dinding dan celah apakah ada retakan ataupun bekas paku. Apa bila kondisi tersebut terjadi pada dinding rumah anda sebaiknya anda melakukan perbaikan terlebih dahulu sebelum melakukan pengecatan.

Kupas Lapisan Cat Lama

Untuk anda yang baru pertama kali melakukan cat ulang dinding rumah anda sendiri, sebaiknya anda untuk memperhatikan kondisi cat lama. Kupas lapisan cat lama terlebih dahulu supaya cat baru dapat merekat dan menghasilkan warna sempurna. Jika memang cat lama pada dinding sudah terlihat terkelupas, lebih baik kupas semua hingga warna acian semen dasar dinding terlihat.

Bersihkan Dinding Sebelum Di Cat

Membersihkan dinding sebelum di cat ulang adalah poin penting. Karena umumnya dinding lama memiliki kotoran dan jamur. Jika ada jamur yang terlihat pada dinding rumah anda sebaiknya di kupas lalu anda beri lapisan anti jamur pada bagian dinding yang sudah terkena jamur tersebut.

Menentukan Warna Cat Dinding

Memilih warna cat dinding rumah memang tidak mudah, terkadang kita memerlukan pendapat dari orang sekitar agar warna yang dihasilkan menjadi lebih nyaman saat di lihat bersama. Saran dari kami sebaiknya anda memilih warna cat dinding sesuai dengan warna dari perbotan rumah anda, hal tersebut supaya terlihat lebih kontras.

Melapisi Dinding Dengan Cat Dasar

Pada umumnya orang yang akan melakukan cat ulang dinding pasti akan memberi cat dasar sebelum memberikan cat utama dengan melapisi wall sealer. Tujuanya untuk menyempurnakan cat baru yang akan di aplikasikan sehingga menghasilkan warna yang sempurna. Langkah berikutnya adalah lapisan cat pertama yang harus anda lakukan setelah cat dasar dirasa sudah kering. Pemberian campuran air atau tiner untuk lapisan pertama sebaiknya di beri porsi 5%-20%. Setelah lapisan pertama sudah kering, ulangi kembali dengan lapisan kedua untuk menyempurnakan dengan takaran porsi yang sama 5%-20% campuran air atau tiner.

Berbagi Ke Lainnya

Link Penting

wdcfawqafwef