Sunday, November 6, 2016

Tips Dapur Bersih dan Sehat

syarat dapur sehat, tips dapur bersih dan sehat, dapur sehat sederhana, dapur sehat minimalis, dekorasi dapur, dapur sederhana, dapur minimalis, kamar mandi

Dapur menjadi tempat aktivitas sehari-hari yang tidak dapat di lupakan, karena dapur menjadi peran penting dalam rumah sebagai tempat untuk memasak. Bagi orang-orang tempo dulu bagian dapur memang tidak terlalu di perhatikan meski memiliki peran yang penting. Namun saat ini, seiring dengan berkembangnya jaman dan teknologi membuat desain serta tatanan dapur lebih sehat, bersih dan tertata dengan rapi. Memiliki dapur yang rapi, bersih dan tertata akan membuat anggota keluarga semakin nyaman saat berada di dapur. 


Kondisi dapur yang tidak terjaga dengan baik juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan karena akan memicu berkembangnya bakteri atau virus. Tentu kondisi tersebut tidak ingin anda alami bukan? Ada beberapa tips menjaga dapur rumah tetap sehat, bersih, dan nyaman yang dapat anda simak kali ini ;

Cukupi pencahayaan pada dapur

Memberikan sirkulasi cahaya pada bagian dapur sangatlah penting dan harus anda perhatikan. Adanya pencahayaan yang cukup dari luar akan memudahkan siapa saja yang akan memasak di dapur lebih mudah terutama untuk istri anda. Alangkah baiknya anda memberikan cahaya masuk untuk dapur rumah dengan memanfaatkan sinar matahari. Mengapa harus demikian? Karena selain memberikan sirkulasi udara pancaran dari sinar matahari juga dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan membuat kondisi dapur tidak lembab. Akan tetapi jika penerangan sinar matahari tidak memungkinkan untuk di buat anda dapat menggantinya dengan cahaya lampu.

Bangun sirkulasi udara dapur yang baik

Pada waktu proses memasak sedang berlangsung tentu akan menghasilkan asap atau aroma sebagai hasil dari proses tersebut. Pasti akan membuat anda tidak nyaman jika kondisi dapur yang anda miliki tidak memiliki jendela pembuangan udara. Sebaiknya anda membuat dapur yang memiliki jendela atau menggunakan lubang penghubung ke ruang terbuka agar asap tersebut dapat keluar. Ada alternative lain jika memang dapur anda tidak memiliki jendela, gunakan cooker hood untuk menarik asap keluar dari ruang dapur sehingga udara yang ada di dapur menjadi segar kembali.

Jaga kebersihan dapur

Perlu anda ketahui bahwa dapur merupakan penghasil limbah terbesar. Demi menjaga kebersihan dapur sebaiknya anda selalu membersihkan sampah sisa dari memasak anda dengan baik supaya tidak menimbulkan aroma tidak sedap, bau, dan menimbulkan berbagai macam penyakit. Cara yang dapat anda lakukan adalah mudah cukup membersihkan sisa kotoran dari memasak anda ke tempat sampah dan pisahkan sampah organic dan non organic agar saat petugas sampah mengambil bisa membedakan ke dua jenis sampah tersebut. 

Hal yang kadang di abaikan saat berada di dapur adalah percikan dari minyak goreng, percikan air atau tumpahan kuah masakan. Sebaiknya jika anda melihat hal tersebut segera langsung di bersihkan. Usahakan anda selalu setiap hari membuah sampah yang ada di dapur karena jika lebih dari 1 hari maka akan memicu berkembangnya bakteri atau jamur.

0 komentar:

Post a Comment


Top