Tuesday, November 15, 2016

Tips Membuat Kamar Mandi Minimalis Modern

Kamar mandi adalah komponen penting yang wajib ada pada setiap rumah. Umumnya orang melakukan aktivitas pertama kali setelah bangun tidur adalah di kamar mandi. Membangun atau merubah kamar mandi perlu banyak pertimbangan yang tepat supaya dapat memberikan kenyamanan bagi setiap pengunannya. Hal-hal yang dapat dipertibangkan dan diperhatikan adalah ukuran kamar mandi, posisi letak kamar mandi, kondisi kamar mandi basah atau kering, sirkulasi udara, pencahayaan dan kenyamanan. Berikut ini tips membuat kamar mandi yang nyaman dan aman ;

Contoh Kamar Mandi Bersih dan Nyaman

Ukuran Kamar Mandi

Berukuran kecil atau besar kamar mandi yang akan anda buat tetap melihat ketersedian lahan yang ada pada rumah anda tentunya. Jika lahan rumah anda memiliki ruang yang luas maka anda dapat membangun kamar mandi besar. Namun jika lahan yang anda miliki kecil dan terbatas, sebaiknya jangan memaksa dan buatlah sesimple mungkin. Karena besar atau kecil kamar mandi tetap memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mandi dan buang air. 

Posisi Letak Kamar Mandi

Autur posisi letak kamar mandi yang tepat dan mudah di jangkau anggota keluarga, agar bagi siapa saja yang ingin ke kamar mandi tidak kesulitan untuk menjangkaunya. Perlengkapan didalam kamar mandi usahakan anda dapat mengaturnya dengan baik. Contoh seperti wastafel, letakan pada bagian depan dari kamar mandi. Hal tersebut di maksudkan agar setiap orang yang ingin sekedar mencuci tangan tidak perlu harus masuk ke dalam kamar mandi.

Kondisi Kamar Mandi Basah Atau Kering

Jika anda memiliki kamar mandi selalu dalam keadaan kering tentu akan terlihat bersih dan nyaman. Namun ada juga tipe kamar mandi yang selalu dalam kondisi basah, semua tergantu dari sang pemilik rumah ingin mendesain kamar mandi dalam keadaan basah atau kering. Jika anda menginginkan kedua tipe lantai basah dan kering sebaiknya anda membuat batas pemisah antara kering dan basah. Supaya setiap orang yang masuk ke dalam kamar mandi dapat membedakan mana yang lantai kering dan mana yang basah. Gunakan pemisah menggunakan fiber glass atau bisa juga anda menggunakan tirai plastic dan di tandai dengan lantai kering lebih tinggi dari lantai basah.

Sirkulasi Udara

Mendapatkan sirkulasi udara tidak hanya untuk bagian depan rumah atau kamar. Pada kamar mandi juga memerlukan sirkulasi udara yang cukup. Sirkulasi udara di dalam kamar mandi yang buruk dapat berdampak memicunya bau tidak sedap dalam kamar mandi. Sebaiknya anda membuat kisi pada bagian bawah pintu atau bagian atas pintu kamar mandi. Namun jika tidak mungkin membuat kisi-kisi ada alternative lain yaitu emmasang exhaust fan.

Pencahayaan

Kamar mandi yang minim pencahayaan akan berpotensi memicu perkembangan berbagai macam penyakit. Sebaiknya anda mendesain kamar mandi dengan kondisi pencahayaan yang cukup. Contoh sederhana yang dapat anda terapkan yaitu dengan mengganti atap genteng kamar mandi menggunakan jenis genteng transparan yang dapat tertembus cahaya. Adanya cahaya matahari dapat mencegah kuman atau bakteri berkembang.

0 komentar:

Post a Comment


Top